Hai Balance People, sambil nunggu waktu luang yukk simak artikel dibawah ini :)
Strategi Akuntansi Agar Sukses dalam Bisnis
Ritel
Jika anda adalah seorang pengusaha bisnis
ritel, maka anda akan memahami seberapa menantangnya bisnis ini. Anda harus
menghadapi persaingan di dunia bisnis yang sangat ketat, biaya sewa yang
semakin hari semakin meningkat dan banyaknya pedagang – pedagang musiman yang
berkeliaran. Untuk itu anda memerlukan sebuah akuntansi pembukuan sebagai
tombak perusahaan anda.
Akuntan yang anda pekerjakan di bisnis anda
harus memahami secara betul bisnis apa yang sedang anda kerjakan. Sebab jika
anda mempekerjakan akuntan yang kurang mengerti bisnis apa yang anda kerjakan,
maka bisnis anda pelan – pelan akan mengalami kegagalan lalu bangkrut.
Sedangkan sebaliknya, jika akuntan uang anda pekerjakan memahami betuk bagaimana
bisnis yang anda jalankan, maka mereka akan baik bekerja sebab tidak merasa
kebingungan akan pekerjaan yang sedang mereka geluti.
Akutan – akuntan harus memahami bagaimana
membuat pembukuan, akuntansi dan sistem – sistem keuangan perusahaan anda.
Mereka harus mampu dalam membimbing bisnis anda untuk melalui siklus hidup dari
usaha semenjak awal mula proses operasional sampai kepada penjualannya.
Pengetahuan tentang pajak, informasi
tentang keuangan yang akurat dan adanya penawaran – penawaran harus bisa anda
pahami secara betul. Karena inilah perbedaan anda dengan perusahaan yang hanya
memakai akuntansi tradisional. Jika anda menggunakan accounting software atau
software akuntansi sebagai pembantu pekerjaan akuntansi anda, maka hasil yang
anda dapatkan dari pekerjaaan anda akan maksimal apalagi jika sudah menyangkut
dari perkembangan bisnis anda sendiri.
Strategi Akuntansi agar Sukses Dalam Bisnis
Ritel
Strategi Akuntansi agar Sukses Dalam Bisnis
Ritel
Source Gambar: shopkeep
Berikut ini merupakan beberapa tips tentang
bagaimana proses akuntansi secara umum dalam bisnis ritel yang mampu
mempengaruhi laba atau kerugian dari sebuah bisnis, yaitu:
Mencatat setiap transaksi perusahaan
Penjualan
Setiap penjualan yang berhasil perusahaan
anda lakukan harus dicatat setiap detailnya di laporan keuangan. Jika tidak
maka akan anda uang yang tidak jelas keberadaanya. Selain itu, pencatatan
laporan penjualan juga membantu mengetahui anda apakah perusahaan anda mengalam
keuntungan atau kerugian. Sebab, di dalam pencatatan laporan keuangan tersebut
akan terlihat jelas bagaimana alur jalan keuangan perusahaan anda.
Pembelian
Sama seperti halnya dengan penjualan,
pencatatan laporan pembelian juga sangat penting. Anda akan mengetahui apa saja
peralatan dan perlengkapan yang perlu perusahaan anda penuhi dan seberapa
banyak uang perusahaan anda keluar untuk itu. Jika anda tidak mencatat segala
proses berjalannya keuangan perusahaan dalam hal pembelian, maka akan terjadi
pembelian barang yang tidak dibutuhkan ataupun membeli barang yang tidak sesuai
dengan pendapatan perusahaan anda.
Penggajian
Pemberian gaji kepada setiap karyawan juga
butuh dicatat. Sebab akan berguna agar karyawan mengetahui apakah gajinya sudah
terpenuhi atau tidak. Dan juga berguna untuk menghindari berbagai kecurangan
yang tidak diinginkan terhadap penggajian pegawai.
Pembayaran Pajak
Setiap perusahaan pastinya harus memenuhi
kewajibannya kepada pemerintah. Yaitu membayar pajak perusahaan. Pembayaran
pajak perusahaan perlu dicatat agar anda mengetahui apakah anda sudah membayar
pajak secara rutin, seberapa banyak pajak yang harus perusahaan anda bayarkan,
dll.
Catatlah setiap transaksi yang ada di
perusahaan anda. Anda akan mengetahui bagaimana rekam terjadinya transaksi
sebagai gambaran tentang aktivitas bisnis anda yang sedang berjalan.
Selalu cek dan rekonsiliasi transaksi
perusahaan secara reguler.
Biasanya pengecekan transaksi reguler
dilakukan setiap sehari sekali. Dan pastikan segala transaksi sudah sesuai
dengan segala kebutuhan usaha bisnis anda. Anda bisa melakukan pekerjaan ini
secara mandiri atau menggunakan jasa bookkeper sebagai pembantu pengecekan
transaksi reguler anda.
Ulas berbagai performa yang terjadi di arus
keuangan perusahaan anda.
Perhatikan setiap detail arus keuangan
perusahaan anda setiap harinya sehingga anda mengetahui proses perjalanan
bisnis anda setiap harinya. Anda juga akan mengetahui apakah perusahaan anda
mengalami keuntungan atau kerugian pada satu hari itu. Apakah pendapatan
perusahaan anda sesuai target atau malah tidak.
Gunakan software akuntansi sebagai pembantu
anda dalam menjalankan laporan keuangan bisnis anda.
Sebab anda perlu mengetahui laporan yang
anda di perusahaan anda secara rutin atau berkala. Accounting Software atau
Software akuntansi akan membantu anda mendapatkan informasi tentang laporan
keuangan secara detail dan cepat. Sehingga anda mengetahui peforma perusahaan
anda pada jangka waktu tertentu. Software akuntansi di Indonesia yang memiliki
fitur lengkap serta mudah digunakan adalah Zahir Accounting, selain itu Anda
pun juga bisa menggunakan software akuntansi berbasis cloud agar mudah dalam
integrasi antar cabang seperti Zahir Online
Pisahkan keuangan bisnis dan keuangan
pribadi. Pemisahan keuangan bisnis dan pribadi sangat diperlukan.
Pisahkan akun bank perusahaan dengan akun
bank pribadi anda sehingga anda mengetahui jalan keluar masuknya keuangan di
perusahaan anda secara detail dan akurat. Anda juga akan mendapatkan
transparansi dengan hal tersebut.
Perhatikanlah bagaimana proses arus kas anda
dalam keseharian dari operasional bisnis.
Informasi yang kurang tepat akan
menyebabkan bisnis anda kurang berjalan dengan lancar yang berujung
membahayakan perusahaan anda. Laporan yang kurang akurat juga bisa menjadi
penunda kesuksesan perusahaan anda.
Untuk itu, mulailah menggunakan sumber daya
yang lebih terjamin. Mulailah dengan dengan melakukan proses pembukuan dan
pengelolaan arus kas dari sekarang.
0 komentar:
Posting Komentar